VITRASE dan GORDEN

VITRASE dan GORDEN

Image result for vitrase adalah

Jendela, yap jendela sudah boleh dibilang sebagai paket komplet dari sebuah bangunan.
Ya,dimana ada sebuah bangunan/gedung/rumah pasti memiliki setidaknya satu jendela.

Kehadiran jendela di rumah kita atau dimanapun, mempunyai peran yang sangat penting.
Jendela sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat masuknya sinar matahari dan pertukaran udara.
Seiring dengan fungsinya tersebut, tampilan jendela sudah tentu harus dipercantik
agar tampilannya semakin menarik, mulai dari bentuk jendelanya hingga aksesorisnya.
Biasanya jendela dapat dipercantik menggunakan vitrase & gorden.

Vitrase adalah salah satu bentuk tirai yang menggunakan bahan ringan dan tipis, seperti renda, kain parasut sutra, organdi, nilon, nilon polyster, katun tipis dan kain sintetis. Bahan-bahan tersebutlah yang menjadi perbedaan mendasar antara vitrase dan gorden yang biasanya menggunakan kain beludru, belacu, jeans, sutra dan lainnya.

Vitrase biasanya cukup sering dipasang bersama gorden. Kombinasi vitrase dan gorden menyediakan fungsi baru berupa pengaturan intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah. Jika kita hanya memerlukan sedikit cahaya, cukup membuka gorden dan biarkan vitrase tertutup.

Bahan vitrase yang cukup tipis memungkinkan cahaya matahari tetap masuk ke dalam rumah dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu, vitrase juga mempunyai kegunaan lain yaitu menjaga privasi penghuni rumah. Vitrase bisa menjadi penghalang bagi orang asing yang berada di luar rumah sehingga tidak bisa mengetahui ada apa saja kegiatan di dalam rumah yang memakai vitrase, sedangkan penghuni rumah tetap bisa melihat keadaan di luar rumah dengan tenang.

Gorden sendiri pun memiliki beberapa jenis:

  1. Gorden Standar
    Jenis paling umum dipakai adalah gorden standar. Boleh jadi, disebut standar karena bentuk dan pemasangannya yang tidak terlalu rumit. Kain gorden digantung pada sebatang rel (track) dengan alat bantu berbentuk gelang (ring).
  2. Gorden Rel Ganda
    Jenis selanjutnya adalah gorden rel ganda. Jenis gorden ini sendiri menggunakan dua batang rel dan kawat spiral pada bagian atas dan bawah sehingga gorden tidak menjuntai.
  3. Gorden Kancing
    Gorden jenis ini serupa dengan gorden standar, hal yang membedakannya adalah bagian bawah gorden dibiarkan menjuntai dan pada bagian tengah gorden biasanya diikat dengan tali yang bahannya sama dengan gorden kemudian ditambahkan kancing sebagai pengikatnya.
  4. Gorden Kedai/Kafe
    Jenis selanjutnya adalah gorden kedai/kafe, gorden kafe terbentuk hanya menutupi bagian bawah bidang jendela. Bagian atasnya dibiarkan terbuka. Disebut cafe curtain karena biasanya jenis gorden ini digunakan di kedai kopi atau kafe,

Vitrase sendiri terbuat dari bahan yang lebih tipis dari gorden. Secara spesifik vitrase berfungsi untuk menahan sorot sinar matahari dan sering kali dikombinasikan dengan kain gorden.

Demikianlah artikel tentang penjelasan vitrase dan gorden, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

 

 

PUBLISHED BY

doormatic aksesoris

 

 

The following two tabs change content below.
PT. Hakaru Metalindo Perkasa adalah distributor Aksesoris DOORMATIC, Perusahaan indonesia yang menawarkan solusi bahan bangunan terbaik kebutuhan untuk mendukung pembangunan di indonesia. Nah, bagi yang penasaran dengan produk aksesoris aksesoris cantik DOORMATIC bisa lihat di GALERI KAMI, dan jika tertarik ingin membeli produk DOORMATIC silahkan hubungi nomor 0813-1106-8219 (DIAN) atau 0852-8142-9421 (RIRI). Atau bisa juga dikirim via email: [email protected]

Latest posts by doormatic (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *