Sejarah Kaca Patri

Sejarah Kaca Patri

Image result for kaca patri

Kaca Patri. Cukup banyak orang yang kurang memperhatikan salah satu ornamen penting ini dalam suatu bangunan, padahal bisa dibilang ornamen kaca patri ini sangat cocok dengan iklim tropis negeri Indonesia yang kaya akan matahari. Ornamen kaca patri akan semakin indah bila cahaya sinar matahari menembusnya, seolah olah cahaya matahari yang menembus kaca patri itu seakan menari menari. Ornamen kaca patri dalam bahasa Inggris disebut leaded glass  atau stained glass art.

Dilihat dari perjalanan sejarahnya, seni kaca patri merupakan ornamen arsitektur yang berasal dari Eropa. Penggunaan kaca warna pada jendela terutama untuk rumah rumah ibadah dimulai pada pertengahan abad ke-12. Pada abad inilah, seni kaca warna ini berada pada puncak kejayaannya. Sebenarnya teknik pewarnaan pada kaca seperti ini sudah dikenal di wilayah Mesir dan Mesopotamia pada masa milenium ketiga sebelum masehi, yang kemudian berkembang pada era bangsa Romawi.

Di Indonesia sebenarnya kita mengenal pula ornamen kaca patri ini. Namun, tidak pernah teridentifikasi siapa yang membawa seni kaca patri ini ke Indonesia. Menariknya, sampai paruh pertama abad ke-19 kaca termasuk jenis barang mewah dan sangat mahal. Di Indonesia pun, bahan kaca tetap langka sampai awal abad ke-20, kecuali untuk kalangan terbatas. Baru sesudah 1910-an kaca semakin terjangkau dengan impor kaca dari Jepang. Dapat dikatakan pada 1900-an merupakan awal penggunaan kaca patri selain di tempat-tempat ibadah kaca patri juga mulai digunakan untuk bangunan kantor, hotel dan rumah tinggal.

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan jejak seni kaca patri ini, Misalnya di gereja Katedral Jakarta. Ornamen kaca patri ini juga dapat ditemui di gedung Museum Bank Indonesia jakarta.
Di Yogyakarta kita akan menjumpai hiasan kaca patri ini di Kraton Yogya. Sedangkan di surabaya bisa ditemukan di gedung Hotel Oranje.

Bangunan mesjid pun tak luput dari sentuhan ornamen kaca patri, misalnya Masjid Menara Kudus yang bernama Masjid Al-Aqsha. Panel-panel kaca patri yang menghiasinya merupakan kombinasi motif dengan kaligrafi  huruf-huruf Arab, di sana tertulis nama-nama sahabat Nabi Muhammad SAW, seperti Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali, serta empat orang imam mazhab (Hanafi, Hambali, Syafi’i dan Maliki).

Gereja St Paulus di Bandung yang dibangun tahun 1919 juga memanfaatkan keindahan arsitektur kaca patri. Lukisan Yesus dan Bunda Maria dalam paduan warna-warna indah memberi kesan lebih religius yang khusyuk dalam gereja.

Seni kaca patri digunakan sebagai bagian ornamen rancangan arsitektur yang disesuaikan dengan fungsi. Memanfaatkan sinar matahari tropis sehingga cahaya matahari yang masuk menembus panel-panel kaca patri, membuat lukisan didalam kaca tersebut seolah olah menari dengan indah.

Sejak seni kaca patri diciptakan, memang kaca patri telah mempesona dan terbukti memberi keindahan.
Demikian pula kaca patri yang berada di setiap rumah ibadah menimbulkan perasaan yang khusyuk & damai kepada jamaahnya. Kedamaian dan keindahan ini juga diterapkan oleh para desainer di setiap lokasi yang mereka perlukan.
Maka oleh karena itulah, seni kaca patri ini hingga saat ini tidak pernah pudar, malahan selalu dapat  disesuaikan dengan gaya desain arsitektur yang sedang trendy.

Demikanlah, Artikel tentang sejarah kaca patri semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk kita semua. Terimakasih

 

PUBLISHED BY

doormatic aksesoris

The following two tabs change content below.
PT. Hakaru Metalindo Perkasa adalah distributor Aksesoris DOORMATIC, Perusahaan indonesia yang menawarkan solusi bahan bangunan terbaik kebutuhan untuk mendukung pembangunan di indonesia. Nah, bagi yang penasaran dengan produk aksesoris aksesoris cantik DOORMATIC bisa lihat di GALERI KAMI, dan jika tertarik ingin membeli produk DOORMATIC silahkan hubungi nomor 0813-1106-8219 (DIAN) atau 0852-8142-9421 (RIRI). Atau bisa juga dikirim via email: [email protected]

Latest posts by doormatic (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *